Pages

Jumat, 26 Desember 2014

Chelsea Vs West Ham, Lupakan Taktik Parkir Bus



Pertemuan dengan West Ham United pada musim lalu merupakan hari terburuk bagi Jose Mourinho. Stamford Bridge benar-benar berubah menjadi “terminal”. Di sanalah pasukan Sam Allardyce memarkir “bus” timnya. The Blues tak bisa berbuat banyak. Skor akhirnya ditutup dengan hasil imbang tanpa gol.

Hasil tersebut membuat Mourinho mangkel setengah mati. Big Sam—sapaan Allardyce—disebutnya sengaja bermain negatif. Di pinggir lapangan, keduanya sempat beradu mulut. 

Mou kena batunya. Saat meraih gelar Liga Champions pada 2010, dia juga dituding memakai strategi serupa. Memarkir bus merupakan istilah bagi tim yang bermain defensif total dengan menumpuk pemain sebanyak-banyaknya di lini pertahanan sendiri. “Mereka memainkan sepak bola dari abad ke-18,” kata dia gusar.

Big Sam hanya bisa tertawa saat itu. Setahun kemudian, dia mengurai cerita di balik strategi permainan tersebut. “Kalau saja kami kalah dalam pertandingan itu, saya tentu sudah tidak lagi ada di sini,” katanya. “Chelsea ketika itu bisa membuat lima atau enam gol ke gawang kami.”

Tidak ada pilihan, memang. West Ham, yang kala itu berada di jurang degradasi, terpaksa memakai pola permainan yang menyebalkan. West Ham selamat dari kemungkinan turun ke divisi Championship. Big Sam pun tetap menjadi orang nomor satu di West Ham. 

Jumat malam nanti, atau 11 bulan kemudian, Big Sam datang lagi ke Stamford Bridge. Kali ini keadaan sudah berbeda. West Ham bukan lagi tim pesakitan. Justru sebaliknya, mereka untuk pertama kalinya sejak 1985 berada di posisi paling manis, yakni di posisi ke-4 atau di bawah Manchester United. Posisi ini sungguh bergengsi, yakni zona Liga Champions.

0 komentar:

Posting Komentar

Jadwal Pertandinag